9 OBJEK WISATA RELIGI, ZIARAH YANG WAJIB KAMU KUNJUNGI DIBANTEN


Banten, selain terkenal dengan objek wisata pantainya yang sangat indah seperti, anyer, tanjung lesung, carita ataupun , ujung kulon , tetapi jangan salah kamu harus tau banten memiliki cukup banyak destinasi wisata religi ( Ziarah ) yang tersebar di pelosok banten raya, 

Mulai dari tempat prasejarah, Tokoh Ulama /Syekh/Wali/Raja/Sultan/Panglima Perang, dan beberapa pengunjung bahkan bukan dari daerah sekitar ada yang sampe dari luar kota, datang sengaja untuk mengexplore dan berkunjung ke banten.


Masjid Agung Banten


travel.trubus.id


Masjid yang berlokasi , Dikec. Kasemen yang jaraknya sekitar 10 km disebelah utara dari kota serang dengan area seluas 1,3 hektar, yang dikelilingi tembok pagar setinggi 1 meter , dengan konsep bangunan yang begitu unik dan lekat akan sejarah pada masa kesultanan banten , terlihat dari segi arsitektur yang khas akan gaya arsitektur, jawa, hindu, eropa dan cina.

Kita ketahui dalam sejarah seorang arsitektur yang terlibat dalam pembangunan masjid agung banten, ditangani oleh seorang ahli bangun yaitu: raden sepat: seorang arsitektur majapahit, tjek ban tju: seorang arsitek dari cina, dan hendrik lucaz: arsitek berkebangsaan belanda.

Dan tak kalah uniknya lagi masjid ini memiliki menaran yang berbeda pada masjid umumnya,  tinggi sekitar 24 meter dan terdapat sebuah anak tangga yang bisa dipijak untuk naik kepuncak menara, diatas menara kita bisa melihat objek sekitar masjid yang begitu indah dari ketinggian, dan ternyata masjid agung banten terletak 1.5 km dari laut loh.

Pembagunan masjid dimasa kesulltanan banten sekitar tahun 1552-1570 M , tepatnya pada masa pemerintahan maulana hasanudin , membuat masjid agung banten bukan hanya sekedar tempat ibadah sekaligus menjadi objek wisata religi yang kental akan sejarah peradaban kejayaan kesultanan banten pada masa itu.



Komplek Pemakaman Kesultanan Banten


engineear.co


Selain kemegahan masjid agung banten yang indah , terdapat komplek pemakaman kesultana banten di sebelah utara masjid agung banten, diarea komplek pemakaman ini terdapat 9 makam termasuk keluarga dan tokoh ulama, pada masa kesultanan banten yaitu : sultan maulana hasanudin, dan istrinya, pangean ratu, sultan ageng tirtayasa, sultan abu nasir qohhsr, sultan maulanan muhamamd dan sultan zainul abidinn dimakamkan diarea komplek tersebut.

Maka terasa tidak lengkap jika berkunjung ke masjid agung banten, kita takmeluangkan waktu untuk berkunjung ke kompleks pemakaman kesultanan banten.




Museum Peninggalan Purbakala Banten Lama



indonesiakaya.com


Perlu kamu kunjungi selain masjid agung banten dan kompleks pemakaman kesultanan dan tokoh terkemuka pada masa kejaan banten yaitu: Museum banten lama, situs kepurbakalaan yang berdiri pada tanggal 19 juli 1985 didesa banten, kecamatana kaseman, serang banten.

Berdirinya museum ini menegaskan bahwa kerajaan islam dibanten pada saat itu , dan terdapat informasi seputar garis besar terhadap kehidupan sehari-hari dan juga sejarah perkembangan islam dibanten pada abad ke 16-19M




Batu Qur’an


picdeer.com


Terletak di Kabupaten Pandeglang, tepatnya di kaki Gunung Karang, Batu Qur’an merupakan salah satu destinasi wisata religi di Banten. Sebuat tempat ziarah yang memiliki keunikan seperti asal muasal dinamakan Batu Qur’an , penamaan tersebut berasal dari sebuah batu besar yang bertuliskan al qur’an.

Dan cerita yang berkembang dimasyarakat sekitar objek wisata ziarah ini , dilokasi tidak ada tulisan disisi batu tersebut. Masyarakat mempercayai bahwa hanya orang-orang yang memiliki ilmu yang tinggilah yang bisa melihat tulisan Al-Qur’an di batu tersebut.

cerita lain yang berkembang selain tentang tulisan Qur’an tersebut, batu ini menghalagi keluar air yang terus menerus mengalir dari dalam tanah , bahkan tak hanya cerita saja , masyarakat setempat menyakini bahwa lokasi batu Qur’an ini adalah pijkan kaki seorang syekh kenamaan syekh maulana hasanudin mansyuruddin yang hendak pergi berhaji kebaitullah mekkah , Hanya dengan menginjakkan kaki di lokasi tersebut, konon katanya Syekh Maulana bisa langsung sampai ke Mekkah.




Makam Syekh Abdul Jabbar


nahdiatululama.id

Menurut sejarah yang berkembang, Syekh Abdul Jabbar adalah salah satu ulama yang berperan dalam pembentukan Kabupaten Pandeglang bersama dengan Sultan Syarif Hidayatullah pada saat itu, lokasi makam Syekh Abdul Jabbar, terletak di kawasan Kampung Pasir Kecapi, Kelurahan Pegadungan, Kecamatan Karangtanjung, Pandeglang, Banten.




Makam Buya Hushtomi



photobucket.com



Semasa hidupnya, Ahmad Histomi atau yang lebih dikenal dengan panggilan Buya Histomi adalah orang yang terkenal baik dan dikenal menghabiskan hidupnya untuk agama Islam,  Beliau adalah pendiri pondok pesantren yang bernama Al-Hidayah. Makam Buya Hushtomi terletak di daerah Cisantri.

Karna sosok yang baik dan menjadi panutan, terlihat di Setiap tahun banyak pihak yang terlibat dalam peringatan haulnya, dan tokoh tokoh penting pun ramai dan sering menghadiri acara haul tersebut.



Makam Syekh Muhammad Sholeh


kabar-banten.com

Semasa hidupnya, Syekh Muhammad Sholeh dikenal sebagai ulama yang berhasil menyebarkan agama Islam di wilayah pantai utara Banten. Beliau wafat di usia 76 tahun dan dimakamkan di puncak Gunung Santri. Makamnya berlokasi di Desa Bojonegara, Kecamatan Bojonegara, Serang, banten.



Makam Syekh Maulana Mansyur


nahdiatululama.id

Menurut sejarah, Syekh Maulana Mansyur merupakan putra dari Sultan Banten ke-6 yaitu Sultan Agung Abdul Fatah Tirtayasa. Itu sebabnya sepeninggal Sultan Agung Abdul Fatah, tahta Kesultanan Banten  diserahkan kepada Syekh Maulana Mansyur yang selanjutnya dikenal dengan sebutan Sultan Haji.

Jika ingin berziarah ke makam Syekh Maulana Mansyur di Desa Cikadeun, Kecamatan Cipeucang, Kabupaten Pandeglang banten.


Masjid Agung Tanara


situsbudaya.id

Masjid agung Tanara, terletak di Kampung Tanara, Serang, Banten, menarik untuk kita kunjungi sebagia objek wisata religi , Masjid ini merupakan peninggalan Sultan Maulana Hasanuddin yang ketika itu menjadi Raja Banten, yang pertama diketahui dari sejarah yang berkembang dimasyarakat jejak dakwah islam di banten juga berawal di masjid ini , dari segi desain arsitektur memiliki karakter klasik dan menjadi daya tarik para wisatawan local maupun luar kota untuk berkunjung.


Tempat- tempat wisata religi ( ziarah ) diatas , dibanten yang diminati pengunjung lokal maupun luar kota , semoga informasi ini bermanfaat, terimakasih.


Belum ada Komentar untuk "9 OBJEK WISATA RELIGI, ZIARAH YANG WAJIB KAMU KUNJUNGI DIBANTEN"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel